YAYASAN DWIPAHARA BALI

PROFIL

Berkat dukungan dari JITCO (Japan International Training Cooporation) yang berada di Tokyo, Jepang. Maka terciptalah MoU (Memorandum for Training Program agreement)

Antara Yayasan Dwipahara Bali dengan salah satu Aceepting Organization penerima Peserta Magang Indonesia di Jepang. Yayasan Dwipahara Bali didirikan pada tanggal 29Juni 2006 di Bangli, Bali Indonesia berdasarkan akte notaris no 70. dan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Republik Indonesia No. C-1896.HT.01.02 TH 2006 Tanggal 30 Agustus 2006.

Yayasan Dwipahara Bali diresmikan pada hari senin 4 September 2006 oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali.

Dengan terciptanya MoU dua Negara Indonesia dan Jepang.

Kami menjadi satu-satunya lembaga swasta pertama di Bali sebagai pengirim tenaga Magang ke Jepang. Kebijakan 3 in One (Pelatihan, Sertifikasi, Penempatan) sebagai salah satu program Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali maka Kami Yayasan Dwipahara Bali berkeinginan mengajak generasi muda bergabung bersama belajar mengenal budaya dan Bahasa Jepang yang sudah tentu semua siswa lulusan kami berkesempatan mengikuti program pemagangan ke Jepang yang rutin kami lakukan sejak tahun 2006.

Our Portfolio

Latest Articles

No Comments in Latest News, Tips

Minggu ini Ikut Nouryoku Shiken? Baca Dulu 9 Tips Berikut Agar Lulus Dengan Skor Tinggi!

Apakah saat ini kamu sedang mempersiapkan untuk menghadapi JLPT hari minggu besok? Sudah sampai mana persiapanmu? Yuk baca 9 tips berikut ini!

Pulang dari Jepang dengan membawa sertifikat kemampuan Bahasa Jepang adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Selain mendapatkan sertifikat magang Jepang, sertifikat JLPT juga bisa kamu gunakan untuk nilai plus masuk ke sebuah perusahaan atau beasiswa ke Jepang.

Untuk mendapatkan sertifikat JLPT ini, jalannya yaitu harus mengikuti ujian kemampuan Bahasa Jepang yang diadakan setahun 2x. Skor yang tercantum di sertifikat JLPT mungkin bisa menentukan keberhasilan. Jika pada artikel sebelumnya admin sering ngasih tips mengenai kehidupan di Jepang, kali ini kita bakal ngasih tips dan trik buat kamu para kenshuusei yang minggu ini mau ikut nouryoku shiken! Douzo yonde kudasai

1. Di sela-sela kesibukan shigoto, kamu bisa luangkan waktu minimal 2 jam sehari selama seminggu sebelum shiken dilaksanakan

                                            Belajar Sungguh Sungguh

Meskipun waktu kerjamu sedang sibuk-sibuknya, zangyou sampai tengah malam, tapi seminggu menjelang shiken ini, cobalah sedikit berkorban untuk membuat peraturan dengan belajar 2 jam sehari. Mulailah mengerjakan latihan soal di sela-sela pekerjaan. Jika kamu disiplin dengan komitmen ini, maka ketika hari-H datang, otakmu sudah terbiasa dengan soal-soal yang akan keluar.

2. Biar peka dengan soal choukai, perbanyaklah nonton film Jepang, dengar lagu, dan juga ngobrol dengan Nihonjin di Kaisha.

Karena kita orang Indonesia bukan seorang native yang terbiasa ngomong menggunakan nihongo, maka tak jarang ketika shiken tiba banyak yang kesulitan mengerjakan soal bagian choukai/listening. Nah buat kamu kenshuusei yang ingin mengatasi masalah itu, mulai hari ini banyak-banyaklah nonton tv, dengarkan lagu Jepang, dan kaiwa dengan nihonjin di kaisha ketika waktu kyuukei. Dengan begitu, telingamu akan lebih familiar dengan soal choukai.

3. Sebelum Hari-H Tiba, Sepulang Kerja Cobalah Simulasi Shiken Dengan Teman-Teman Se-Apaato.

Simulasi ini penting apalagi seminggu menjelang hari tes tiba. Biasanya banyak soal-soal di internet yang bisa kamu download untuk dikerjakan bersama di apaato. Atau jika kamu ikut kelas-kelas Bahasa Jepang, mintalah kepada sensei untuk latihan soal. Jika ternyata hasilnya masih jauh dari harapan, kamu bisa melakukan evaluasi dan belajar lebih giat lagi. Sayang kan kalau misalnya kita tidak lulus shiken, perlu keluar uang ribuan yen agar bisa ikut lagi.

4. Pada Sesi Choukai, dibutuhkan konsentrasi tinggi karena soal diputar hanya beberapa kali. Cukup beri tanda pada lembar jawaban agar tak memakan waktu.

Meskipun rata-rata Orang Indonesia lebih dominan bagian choukai dibanding, dokkai atau yang lainnya, namun tetaplah harus berhati-hati. Sesi Choukai ini perlu tingkat konsentrasi lebih. Semakin tinggi level tes Bahasa Jepangnya, maka bacaan akan semakin sedikit diputar dan tingkat kecepatan kaiwa akan semakin tinggi.

Nah, agar kamu tak ketinggalan informasi kotoba demi kotoba, lebih baik kamu berhenti menyibukkan diri dengan menghitamkan lembar jawaban. Cukup beri tanda titik atau centang sekedarnya, dan kamu bisa manfaatkan waktu untuk menulis coretan kotoba-kotoba agar tidak lupa. Baru setelah sesi choukai selesai, kamu sempurnakan bulatan jawabanmu.

5. Demi Efisiensi Waktu, Pada Sesi Dokkai, bacalah soal terlebih dahulu. Maka kamu akan fokus paragraf mana yang harus dibaca.

Sesi ini mungkin paling memusingkan dan menyita banyak waktu ketika shiken. Buat Kenshuusei Indonesia, kanji adalah momok yang menakutkan, apalagi dirangkai menjadi soal cerita seperti dalam sesi dokkai. Lain halnya dengan Orang China, mereka akan dengan mudah membaca soal cerita karena cara baca kanjinya hampir sama.

Bacalah soal sekilas, kanji yang tidak terbaca lewati dulu saja, ambil poin pentingnya, lalu cari jawabannya di paragraf tertentu. Cara ini terbilang efektif ketimbang kamu baca soalnya terlebih dahulu.

6. Jika Waktu Sudah Terbatas, Kamu Siasati Dengan Fokus Mengerjakan Soal yang Skornya Tinggi, Misalnya Choukai dan Dokkai.

 

Nouryoku Shiken itu terdiri dari 3 sesi dengan skor yang berbeda-beda. Biasanya soal-soal cerita dan choukai memiliki skor yang tinggi dibanding sesi moji-goi. Jadi jika waktu sudah mau habis, kamu bisa genjot pada kedua sesi ini.

7. Jangan Terpaku Pada Soal yang Sulit, Masih Banyak Soal yang (Mungkin) Lebih Mudah yang Harus Dikerjakan,

JLPT itu memiliki tingkat soal yang berbeda-beda, ada yang kantan, ada juga yang muzukashii. Alih-alih memikirkan soal yang jawabannya tak kunjung ditemukan dengan menghabiskan waktu bermenit-menit, lebih baik tinggalkan sesaat dan move on kepada soal berikutnya.

Jika memungkinkan, kamu bisa kembali ke soal sulit tadi untuk dikerjakan di akhir sesi. Dengan cara seperti itu, waktumu tak terbuang sia-sia. Pikiranmu juga menjadi lebih fresh jika mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.

8. Kebanyakan soal shiken itu memiliki pola bagian awal terbilang mudah, bagian akhir terbilang susah. Jika sudah selesai dan masih ada waktu luang, sempatkan mengoreksi bagian yang susah.

Biasanya awal-awal kita akan diberikan soal yang mudah, lalu dipertengahan hingga akhir, soal akan menjadi sedikit rumit. Banyak kanji yang tak terbaca dan soal-soal jebakan. Nah, jika sudah fix selesai dan waktu masih tersisa, nggak ada salahnya kan mengoreksi kembali bagian-bagian yang susah ini untuk memastikan apakah jawabanmu sudah tepat. Untuk choukai, tips ini tidak bisa dipakai mungkin ya!

9. Datanglah ke tempat shiken minimal 1 jam sebelum dimulai. Jangan Lupa Sarapan dan Berdoa Dulu+Jangan Terlambat!

Ketika Hari-H, pastikan semuanya sudah ready. Baik kondisi tubuhmu, maupun segala perlengkapan untuk menghadapi shiken. Sarapan dan berdoa adalah hal vital yang bisa kamu lakukan sebelum berangkat. Mintalah doa kepada orang tua di rumah, perbanyak doa dan mengulang-ngulang materi. Dengan itu, kamu akan lebih rileks, tenang, dan siap menghadapi shiken.

Oh iya, jangan sampai ada barang yang ketinggalan, Malam hari sebelumnya harus sudah dipersiapkan, karena banyak kejadian ketika sudah sampai ke tempat tes, ada saja peserta yang ketinggalan barangnya., Atau kasus lainnya yaitu karena tidak tahu tempat tes dimana, maka menjadi datang dengan waktu yang giri-giri bahkan telat.

Barang yang harus dibawa diantaranya:

  • Shapen dan isinya (minimal 2 buah)
  • Keshigomu
  • Kartu Identitas
  • Jam Tangan
  • Makanan dan air minum

 

***

Meski waktumu sedikit karena pekerjaan dan zangyou yang menumpuk, mendapatkan skor tinggi ketika JLPT bukan hal mustahil untuk diperoleh. Karena kamu sudah membaca 9 tips dari blog ini untuk meraihnya. Jika lulus dan memiliki sertifikat JLPT yang skornya tinggi, ketika pulang ke Indonesia nanti, cita-citamu akan lebih mudah dilalui.

Ganbatte Kudasai ne!

 

 

Sumber :  http://yamechanic.com/Dopy

 

 

No Comments in Inspirasi, Latest News

Buat Kenshuusei, Jika 5 Hal Ini Disia-siakan, Jangan Heran Kamu Akan Dibuat Menyesal 5 Tahun Mendatang

Hallo Sobat Kenshuusei! Pernah ngalamin nggak sih kamu merasa menyesal atas apa yang kamu lakuin atau tinggalin di masa lalu? Pernah nggak kamu punya seabrek kata ‘seandainya’ di kepala yang membuat kamu galau seharian? Tapi dipikir sekeras apapun, masa lalu tak bisa diulang, desho?

Diakui atau nggak, bagaimana hidup kita sekarang ditentukan oleh hal-hal yang sudah kita lakukan beberapa tahun sebelumnya. Teman-teman bisa berada di jepang saat ini pun adalah akumulasi dari proses yang dilakukan ketika di Indonesia dahulu. Jadi jangan heran, kalau masa depan kita kelak juga dipengaruhi oleh hal yang kita lakukan saat ini.

Nah, biar kamu nggak menyesalinya 5 tahun lagi atau minimal setelah pulang ke Indonesia nanti, yuk kita jaga hal-hal di bawah ini mulai dari sekarang!

1. Punya banyak teman di Jepang jangan disia-siakan. Karena suatu saat, makin luas pertemananmu akan sangat membantu

5 Hal

                                                        japanesian.id

Biasanya semakin bertambah usia, ruang lingkup pertemananmu akan menjadi semakin sempit. Satu persatu teman dekatmu pergi karena sibuk dengan kehidupannya sendiri. Kamu pun semakin sibuk dengan segala rutinitasmu di Jepang seperti bekerja atau belajar Bahasa Jepang.

Meski saat dewasa kita harus jeli menyeleksi teman yang berkualitas, namun teman-teman yang ‘kurang dekat’ pun jangan dibuang begitu saja.

Perbanyaklah teman dari sesama perantau di sana agar kekompakan semakin terjaga. Jangan lupa juga mencari sahabat dari berbagi negara dan warga lokal di Jepang karena akan berguna untuk membantu kehidupanmu di Jepang.

Untuk teman-teman lamamu, usahakan harus tetap menjaga silaturahmi dan hubungan baik meskipun tak berkomunikasi secara intens lagi. Kan siapa tahu di masa depan kamu bisa kerja sama dengan mereka. Nggak ada salahnya juga menjaga hubungan baik dengan orang, agar reputasimu juga tetap terjaga.

2. Waktu tidur yang cukup nggak boleh diganggu gugat. Demi kesehatan dan ketenangan menjelang masa tua nanti

Kenshuusei Japan

                                                japanesian.id

Karena di usia yang sedang aktif-aktifnya, kita sering sekali mengabaikan jam tidur. Lebih baik begadang  bersama teman-teman untuk nonton bola atau main PES sampai shubuh. Padahal besoknya harus siap beraktivitas lagi. Biasanya kebiasaan ini dilakukan para kenshuusei ketika weekend tiba.

Alangkah lebih baik jika kamu tidur normal meskipun di hari libur. Kamu masih bisa bersenang-senang di esok harinya dengan cara yang sehat misalnya lari pagi di sekitar rumahm

Mumpung kamu masih muda serta tinggal di negara seindah Jepang, pola hidup sehat harus dijaga. Kamu pasti sudah tahu bahwa pola tidur yang buruk bisa mengganggu kesehatan.

Apalagi pekerjaanmu yang berat dan menguras banyak waktu.  Jadi kalau kamu masih mau hidup sehat 10 tahun ke depan nanti, kurang-kurangin begadang ya.

3. Hobi yang kamu tekuni di Jepang bisa jadi sumber penghasilan di masa depan. Sayang kalau dilupakan begitu saja

Kenshuusei Japan Fotografer

                                                    pixabay,com

Banyak yang bilang kalau pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia ini adalah pekerjaan yang berasal dari hobi. Buat kamu yang hobi bermusik, siapa tahu nanti jadi komposer atau musisi papan atas, ‘kan? Seperti vokalis band Zivilia yang juga eks kenshuusei.

Buat yang hobi fotografer, memasak ataupun membuat karya-karya lainnya, siapa tahu kelak kamu bisa bikin produk dengan brand-mu sendiri.

Bahkan kamu yang punya hobi kenalan sama orang-orang baru, kemampuan itu patut diasah terus, karena siapa tahu kamu bisa menggunakannya untuk menggapai kesuksesan di masa depan. Jadi, jangan hanya karena sibuk bekerja dan belajar, kamu jadi melupakan hal-hal yang jadi kesukaanmu.

4. Kalau pasanganmu saat ini sudah baik buatmu, kenapa harus cari yang baru? Jangan sampai nanti kamu menyesali keputusanmu!

Apa kriteria pasanganmu? Apakah harus kawaii atau minimal good looking, kaya raya, kurus tinggi langsing, pintar ibarat artis Sora Aoi? Well, kalau mau yang sekomplit itu, mustahil buat kamu mendapatkannya.

Karena pada kenyataannya, setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jadi kalau pasanganmu saat ini sudah cukup baik untukmu, rela menunggumu pulang ke Indonesia. Jangan kamu sia-siakan demi orang lain yang punya satu kelebihan dibanding dia.

5. Postur tubuh yang sempurna itu sebuah aset berharga. Giatkan olahraga dan hidup sehat, biar kelak tubuhmu bisa terus bermanfaat buat orang lain

Menjaga berat badan tetap ideal jelas bermanfaat dari segi kesehatan meskipun itu sulit dilakukan. Karena itu, jika kamu gak mau masa tuamu dihantui berbagai penyakit mematikan seperti hipertensi, diabetes, ataupun jantung, olahragalah secara teratur dan menjaga pola hidup.

Kita bisa lihat kebiasaan sehat orang Jepang yang gemar berolahraga dan mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Nah kamu bisa itu semua kebiasaan itu dan tularkan kepada teman-teman yang lain. Sehingga nanti ketika kembali ke tanah air kebiasaan baik ini terus dilakukan.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya, postur tubuh yang ideal juga menambah nilai plus buatmu. Banyak perusahaan di Indonesia yang memprioritasnya seseorang yang postur tubuhnya kuat untuk dijadikan karyawannya.

Jadi, postur tubuh yang ideal dan badan yang tinggi  itu bukan cuma ngaruh pada proyek pencarian jodoh, tapi juga bisa melancarkan karirmu di masa depan.

Meski sekilas seperti  hal sepele, tapi kalau tidak dijaga dan dirutinkan mulai sekarang, hal-hal di atas bisa kamu sesali 5 tahun ke depan, guys. Jadi jangan sampai diabaikan ya!

Jika merasa bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-temanmu. Arigatou Gozaimasu!

 

 

Sumber :  http://yamechanic.com/DpJc